Minggu, 24 Oktober 2010

Rumus VLOOKUP


LookUp memiliki 2 fungsi, yaitu Vlookup dan Hlookup, Vlookup dgunakan untuk mengetahui nilai pada suatu tabel secara Vertikal. Hlookup digunakan untuk mengetahui nilai pada suatu tabel secara Horizontal .
Rumus :
=Vlookup(range,table).
=Hlookup(range,table).

Berikut langkah-langkah mengetahui nilai atau hasil dengan fungsi Vlookup:
1. Buatlah tabel berikut ini.


2. Ketikkan Rumus di dalam sel E5(untuk mengetahu hasil Tujuan)
3. Ketikkan Rumus :
"=VLOOKUP(D5,$I$8:$L$13,2)"
4. Tekanlah ENTER makan akan muncul hasil tujuan pada sel E5



KETERANGAN :

Rumus (D5,$I$8:$L$13,2)dibuat dengan cara membawa pointer ke sel D5, disampingnya memberi tanda koma memblok tabel Kode range (I8:L13) dan menekankan fungsi tombol F4,Tombol F4 adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah tanda blok sel menjadi angka dollar ($) . angka 2 disamping angka dollar dan tanda koma adalah alamat kolom yang akan diketahui nilainya yaitu kolom tujuan yang berada dikolom 2.

untuk mengetahui hasil tujuan pada sel berikutnya anda tidak perlu mengetik rumus kembali arahkan pointer ke ujung bawah sel E5 hinga berubah menjadi lambang Plus (+) draglah tombol mouse kebawah beberapa sel kemudian lepaskanlah tombol mouse.


5. kliklah sel G5 untuk mengetahui nilai tiket
6. Ketikkan Rumus :
"=VLOOKUP(D5,$I$8:$L$13,4)"
7. tekanlah enter maka akan muncul nilai tiket pada sel G5



KETERANGAN :

Rumus (D5,$I$8:$L$13,4))dibuat dengan cara membawa pointer ke sel G5, disampingnya memberi tanda koma memblok tabel Kode range (I8:L13) dan menekankan fungsi tombol F4, Tombol F4 adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah tanda blok sel menjadi angka dollar ($) . angka 4 disamping angka dollar dan tanda koma adalah alamat kolom yang akan diketahui nilainya yaitu kolom tujuan yang berada dikolom 4.

untuk mengetahui hasil tujuan pada sel berikutnya anda tidak perlu mengetik rumus kembali arahkan pointer ke ujung bawah sel G5 hingga berubah menjadi lambang Plus (+) draglah tombol mouse kebawah beberapa sel kemudian lepaskanlah tombol mouse.

Tidak ada komentar: