Senin, 25 Oktober 2010

Rumus Hlookup


1. buatlah Tabel Berikut ini :


2. Kliklah Sel E11 (untuk mengetahui hasil tujuan)
3. Ketikkan Rumus :
"HLOOKUP(D11,$B$3:$H$6,2)"
4. Tekanlah Enter maka akan muncul hasil pada E11.


KETERANGAN :

Rumus (D11,$B$3:$H$6,2))dibuat dengan cara membawa pointer ke sel D11, disampingnya memberi tanda koma memblok tabel Kode range (B3:H6) dan menekankan fungsi tombol F4, Tombol F4 adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah tanda blok sel menjadi angka dollar ($) . angka 2 disamping angka dollar dan tanda koma adalah alamat kolom yang akan diketahui nilainya yaitu kolom tujuan yang berada dikolom 2.

untuk mengetahui hasil tujuan pada sel berikutnya anda tidak perlu mengetik rumus kembali arahkan pointer ke ujung bawah sel D11 hinga berubah menjadi lambang Plus (+) draglah tombol mouse kebawah beberapa sel kemudian lepaskanlah tombol mouse.


5. Klik sel G11 (untuk mengetahui nilai tiket)
6. Ketikkan Rumus :
"=HLOOKUP(D11,$B$3:$H$6,4)"
7. Tekanlah enter untuk melihat nilai tiket pada sel G11



KETERANGAN :

Rumus (D11,$B$3:$H$6,2))dibuat dengan cara membawa pointer ke sel G11, disampingnya memberi tanda koma memblok tabel Kode range (B3:H6) dan menekankan fungsi tombol F4, Tombol F4 adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah tanda blok sel menjadi angka dollar ($) . angka 4 disamping angka dollar dan tanda koma adalah alamat kolom yang akan diketahui nilainya yaitu kolom tujuan yang berada dikolom 4.

untuk mengetahui hasil tujuan pada sel berikutnya anda tidak perlu mengetik rumus kembali arahkan pointer ke ujung bawah sel G11 hinga berubah menjadi lambang Plus (+) draglah tombol mouse kebawah beberapa sel kemudian lepaskanlah tombol mouse.

Tidak ada komentar: